Benarkah Minum Susu Bisa Menambah Tinggi Badan ?

Mungkin kita sering mendengar kalimat “Minum Susu Biar Cepat Tinggi”, Karena banyak yang menganggap minum susu bisa menambag tinggi badan. Jadi tidak heran jika para orang tua menyarankan anaknya untuk minum susu terutama saat masa remaja dimana pertumbuhan sedang mencapai puncaknya.
Tetapi apakah benar susu bisa menambah tinggi badan ?
Sebelum mengetahui banar atau tidaknya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang terkandung dalam segelas susu. Berikut di bawah ini adalah beberapa kandungan di dalam susu :

Susu memang dikenal menggandung protein dan kalsium yang tinggi. Dimana protein ini sangat dibutuhakn oleh tubuh untuk mendukung pertumbuhan. Sedangkan kalsium merupakan zat gizi utama yang berguna untuk pembentukan tulang. Dan di dalam tulang dan gigi sendiri setidaknya ada 99% kalsium.

Selain kedua zat gizi tersebut, susu ternyata juga mengandung faktor pertumbuhan yang dikenal dengan istilah insulin-like growth factor-1 (IGF-1). Dimana IGF-1 ini bisa membantu pertumbuhan penjang tulang sehingga sangat berpengaruh pada tinggi badan. Jika asupan protein rendah maka bisa menganggu produksi dan kerja –GF-1 dalam tubuh. Sedangkan jika asupan protein hewaninya tinggi maka bisa meningkatkan kadar IGF-1 dalam tubuh.

Selain itu, susu juga mengandung vitamin dan mineral. Vitamin yang terdapat dalam susu yaitu vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Float, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K dan masih banyak lagi. Selain kalsium susu juga mengandung mineral magnesium, fosfor kalium, selenium dan seng.

Sementara, Vitamin dalam susu sendiri yaitu berperan dalam metabolisme, transport oksigen dan antioksidan. Sedangkan mineral dalam susu berperan dalam fungsi enzim, pembentukan tulang, mempertahankan keseimbangan cairan serta transport oksigen.

Lalu benarkah susu dapat menambah tinggi badan?

Selain semua orang menganggap bahwa susu bisa menambah tinggi badan, Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa susu bisa meningkatkan tinggi badan. Misalnya pada penelitian Wiley di amerika pada tahun 2005 yang menunjukan bahwa tinggi badan orang dewasa berhubungan positif dengan konsumsi susunya pada usia 1-12 dan 13-17 tahun.

Kalsium yang terkandung didalam susu memang memiliki peran yang penting dalam membentuk dan pertumbuhan tulang. Selain itu, insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang terkandung dalam susu juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang. IGF-1 sendiri ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi dalam susu sapi daripada dalam ASI. Itulah yang menyebabkan kalsium dan senyawa bioaktif IGF-1 dalam susu memiliki peranan penting dalam pertumbuhan seseorang.

Dari hasil beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, maka bisa disimpulkan bahwa susu merupakan salah satu sumber energy yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Selain itu, pada masa pubertas, selain memiliki peran pertumbuhan tubuh, susu juga berperang dalam mencapai masa tulang optimal untuk mencegah osteoporosis di hari tua nanti.

Tetapi, hubungan antara mengkonsumsi susu dengan tinggi badan ini masaih menjadi perdebatan oleh para ahli. Karena beberapa penelitian juga menunjukan hubungan yang lemah antara konsumsi susu dengan tinggi badan. Contohnya pada penelitian Rogers dan rekannya di Inngris yang menunjukkan bahwa konsumsi susu sapi pada anak perempuan yang berusia 7 – 8 tahun tidak ada hubungannya dengan tinggi badan.Memang ada bebarapa faktor yang bisa mempengaruhi tinggi badan. Selain faktor gizi faktor genetic juga sangat berpengaruh pada tinggi badan. Oleh karena itu susu mungkin bisa menjadi slah satu faktor yang mempengaruhi tinggi badan tetapi bukanlah menjadi satu-satunya faktor penentu.

Maka dari itu, jika anda ingin meningkatkan tinggi badan anda, tidak ada salahnya anda mencoba memperbanyak mengkonsumsi susu pada masa pubertas. Karena setelah masa pubertas peningkatan tinggi badan akan semakin menurun dan akan berhenti ketika sudah memasuki usia dewasa. Selain banyak mengkonsumsi susu, mengkonsumsi makanan lain yang mengandung beberapa sumber zat gizi juga harus dibutuhkan. Dan jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik, istirahat yang cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

BERBAGI

LEAVE A REPLY