Penderita Asam Urat Wajib Baca ini

Penyakit Asam Urat
Penyakit Asam Urat

Saat ini, asam urat bisa dikatakan sebagai penyakit sejuta umat. Karena asam urat tinggi berkaitan dengan tingginya timbunan zat purin dalam tubuh, maka dapat dikatakan bahwa penyebab utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup ini termasuk cara Anda menjaga pola makan dan tentu saja kebiasaan-kebiasaan kecil seperti olahraga dan pola istirahat. Jangan sepelekan gejala-gejala yang Anda rasakan sejak dini karena jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyerang organ tubuh lainnya seperti ginjal.

Gejala-Gejala Penyebab Asam Urat

Rasa kaku, linu dan nyeri di persendian

Gejala utama asam urat tinggi tentu saja rasa nyeri disertai kaku di persendian tangan atau kaki. Rasa ini muncul karena memang zat purin menumpuk pada sendi-sendi tubuh. Pada beberapa kasus, rasa nyeri ini disertai dengan bengkak sehingga Anda tidak bisa menggerakan bagian tersebut.

Sayangnya, beberapa orang menganggap rasa linu ini bukan karena asam urat namun hanya pegal-pegal biasa. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan komplikasi. Oleh karena itu, jika rasa sakit sudah ada di level yang tidak tertahankan, Anda bisa segera menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kesulitan berjalan

Jika gejala asam urat tinggi menyerang bagian kaki, kemungkinan Anda akan kesulitan untuk berjalan karena yang diserang adalah bagian persendian. Rasa sakit akan menjadi semakin parah saat malam hari dan berlangsung kurang lebih selama 10 hari atau lebih jika tidak ditangani sesegera mungkin. Jika sudah mengalami gejala ini, segera cek kadar asam urat Anda di apotik atau klinik terdekat.

Kulit bagian sendi memerah dan terasa panas

Karena asam urat tinggi membuat sendi-sendi Anda membengkak, tidak heran jika kulit di bagian tersebut lama-kelamaan akan memerah. Hal ini disertai rasa panas dan linu. Level rasa nyeri yang dirasakan setiap orang berbeda-beda tergantung tingginya kadar asam urat pada tubuh. Setelah sakit mereda, beberapa hari setelahnya kulit akan mengelupas dan terasa gatal.

Setelah mengetahui 3 gejala utamanya, Anda perlu mengetahui bagaimana mengatasi asam urat tinggi agar terhindar dari penyakit tersebut. Yang pertama tentu saja kurangi konsumsi makanan-makanan yang tinggi akan kandungan purin seperti jeroan, daging merah, lobster, ragi dan seafood.

Perbanyak minum air putih untuk menetralkan kadar asam pada darah Anda. Kedua, perbanyak intensitas aktivitas fisik atau olahraga untuk membuang kelebihan zat purin lewat keringat. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat seperti angkat besi. Berjalan rutin 30 menit setiap hari, bersepeda atau berenang sudah cukup untuk membuat tubuh Anda bugar.

Dikatakan asam urat tinggi jika levelnya sudah melewati batas normal yang bisa ditolerir oleh tubuh. Perlu diketahui bahwa batas normal asam urat pada tubuh berbeda antara laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki dewasa, kadar asam urat normal Anda adalah 2-7,5 mg/dL.

Sedangkan untuk perempuan ada di kisaran 2 – 6,5 mg/dL. Lebih dari angka tersebut, Anda pasti akan merasakan gejala seperti yang sudah disebutkan di atas. Pencegahan asam urat bisa Anda lakukan dengan cara-cara alami, termasuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Kurangi asupan nikotin, kafein dan alkohol karena hal-hal tersebut hanya akan memperparah kondisi Anda.

Itu tadi merupakan beberapa informasi mengenai asam urat yang wajib anda ketahui. Pastikan anda mengetahui beberapa gejala penyebab asam urat. Apabila sudah timbul gejela penyebab asam urat pastikan anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan asam urat anda menjadi meningkat. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Untuk tahu bagaimana cara menyembuhkan asam urat dengan cepat dan mudah http://jualherbaltiens.com/cara-mengobati-asam-urat-dengan-tepat/

BERBAGI

LEAVE A REPLY