Pilek: Gejala, Penyebab, Cara Mencegah dan Obat Alami Pilek

Gejala Penyebab dan Cara Mencegah Pilek
Gejala Penyebab dan Cara Mencegah Pilek

Pada artikel ini akan membahas mengenai salah satu penyakit yang sering kali menyerang sebagian masyarakat. berikut akan kami kupas secara tuntas mengenai apa itu pilek, bagaimana gejala pilek dan penyebab pilek serta cara mencegah pilek dan cara mengobati pilek secara alami, mudah, dan cepat.

Pilek merupakan suatu penyakit yang sering diderita oleh kebanyakan orang. Pada kondisi awal, pilek merupakan suatu penyakit ringan dan biasa menyerang seseorang pada suhu yang dingin. Namun, jika dibiarkan berkepanjangan pilek juga dapat menjadi penyakit yang berbahaya jika disertai dengan komplikasi penyakit yang lainnya.

Pengertian Pilek

Pilek sendiri merupakan infeksi ringan yang terjadi pada bagian hidung, saluran sinus, tenggorokan, saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh serangan virus. Pilek ini merupakan suatu penyakit yang dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Gejala dan Tanda Pilek

Pilek biasanya ditandai dengan timbulnya beberapa gejala berikut ini.

  • Hidung mengeluarkan cairan (ingus) secara terus menerus;
  • Sering batuk disertai bersin;
  • Pernapasan tidak lancar akibat hidung tersumbat;
  • Merasa tidak enak badan atau kurang sehat;
  • Suara menjadi serak.

Masa inkubasi virus yang menyebabkan pilek biasanya akan berlangsung selama kurang lebih 2-3 hari. Masa inkubasi sendiri merupakan waktu yag diperlukan oleh virus untuk menimbulkan gejala sesaat setelah menginfeksi tubuh. Biasanya seseorang akan merasakan adanya gejala pilek yang parah dan sangat mengganggu setelah 2-3 hari masa inkubasi.

Selain gejala-gejala yang disebutkan diatas, ada juga gejala-gejala yang lainnya walaupun jarang menyertai, misalnya sakit kepala, demam, berkurangnya indera penciuman, tenggorokan terasa gatal dan nyeri, mata berair dan  nyeri telinga.

Penyebab Pilek Secara Umum

Secara umum penyebab pilek adalah virus yang bernama human rhinovirus (HRV) yang merupakan kelompok virus yang paling banyak menyebabkan pilek. Selain virus tersebut, pilek juga dapat disebabkan oleh  coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV) dan respiratory syncytial (RSV).

Selain penyebab utama tersebut, penyebab pilek juga dapat diakibatkan oleh sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena pilek, berikut diantaranya.

  • Sistem imun atau kekebalan tubuh yang rendah
  • Memilki riwayat penyakit kronis;
  • Usia yang masih muda khususnya anak-anak;
  • Merokok
  • Suhu udara yang dingin.
  • Debu dan kotoran misalnya berada di tengah keramaian orang-orang di sekolah, pasar, kantor ataupun kendaraan umum.

Cara Mencegah Terjadinya Pilek

Untuk menghindari penyakit yang satu ini, anda bisa melakukan upaya pencegahan berikut ini.

  • Menggunakan masker pada saat keluar rumah agar tidak terkontaminasi debu dan udara yang kotor;
  • Menjaga jarak dengan penderita pilek hingga ia sembuh;
  • Menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan hingga bersih sebelum makan dan membersihkan permukaan benda-benda yang berisiko ditempeli virus;
  • Pastikan tidak berbagai barang pribadi misalnya alat makan dan minum dengan orang lain khususnya penderita pilek.
  • Pada saat bersin, sebaiknya tutupi dengan tisu agar virus tidak menyebar ke lingkungan sekitar lalu bersihkan tangan anda dengan air.

Cara Mengobati Pilek Secara Alami

Berikut cara alami mengobati pilek yang dapat anda lakukan sendiri dirumah agar pilek dapat teratasi dengan cepat.

  • Minum Air Hangat

Pada saat terserang pilek cara ampuh mengatasinya adalah dengan banyak minum air putih yang hangat . Selain dapat mencegah terjadinya dehidrasi, air hangat juga dapat meredakan hidung tersumbat dan mengatasi membran yang meradang pada hidung dan tenggorokan.

  • Perasan Jeruk Nipis dan Madu

Anda juga bisa mengkonsumsi minuman hangat dari buah yang banyak mengandung vitamin C seperti  jeruk nipis. Tambahkan dengan sedikit madu untuk menambah cita rasa dan meningkatkan sistem imun tubuh.

  • Jahe

Jahe yang memiliki manfaat menghangatkan badan juga dapat anda gunakan sebagai salah satu cara mengobati pilek. Anda bisa membuat wedang jahe sembari menghirup aromanya dan meminumnya selagi masih hangat.

Baca juga >> Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat dan Mudah

Mau tau produk Tiens Untuk Mengobati Pilek dengan Aman, cepat, dan Ampuh

  1. Muncord
muncord tiens harga termurah dan garansi asli
muncord tiens harga termurah dan garansi asli

Muncord sebagai antioksidan alami, sangat bagus dan direkomendasikan untuk menjaga daya tahan tubuh anda agar tetap pada kondisi optimal dan sehat. Muncord sangat bagus untuk merawat organ dalam tubuh anda agar terhindar dari 5 penyakit paling berat, yaitu jantung, paru-paru, hati, ginjal, & paru-paru.

Dengan anda mengkonsumsi secara rutin produk Muncord ini, anda akan terjaga untuk tetap sehat.

2. Nutriend High Calsium Powder ( NHCP )

Nutriend High Calsium Powder ( NHCP ) berfungsi Selain untuk membantu meninggikan badan dengan ce[at serta untuk imunitas tubuh agar menjadi optimal. anda perlu konsumsi juga produk susu kalsium dari TIENS.

Produk Nutriend High Calsium Powder ini adalah produk yang sangat aman dikonsumsi karena begitu banyak manfaat yang didapatkan.

testimoni pelanggan yang mengkonsumsi produk peninggi badan tiens
testimoni pelanggan yang mengkonsumsi produk peninggi badan tiens

3. Spirulina

Spirulina tiens berfungsi untuk :

  • Membantu untuk Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Membantu untuk Meningkatkan kekuatan melawan berbagai radiasi.
  • Membantu untuk Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Nutrisi paling lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh, karena 4 kapsul spirulina tiens sama dengan 1 kg sayur dan buah.
spirulina untuk pengobatan kanker
spirulina untuk pengobatan kanker

Itulah informasi mengenai pilek sebagai salah satu penyakit yang sering kali menyerang masyarakat. semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY