Tuberkulosis TBC: Pengertian, Gejala, Penyebab, Cara Mencegah dan Cara Pengobatan Alami

Penyebab Tuberkulosis TBC
Penyebab Tuberkulosis TBC

Penyakit Tuberkulosis TBC –  atau biasa disebut dengan TBC merupakan penyakit berbahaya dan merupakan salah satu penyakit penyebab kematian di Indonesia. Artikel ini akan menjelaskan secara lebih rinci mengenai pengertian, tanda dan gejala, penyebab, cara mencegah dan cara mengobari penyakit TBC secara alami.

Tuberkulosis atau biasa disebut dengan Tuberkulosis TBC termasuk ke dalam 10 besar penyakit yang dapat menyebabkan kematian di dunia menutut WHO. Indonesia sendiri termasuk ke dalam 6 besar Negara dengan kasus penderita Tuberkulosis TBC terbanyak.

Pengertian TBC Tuberculosis

Tuberkulosis atau lebih dikenal dengan penyakit Tuberkulosis TBC merupakan penyakit paru-paru yang sifatnya menular. Tuberkulosis TBCdisebabkan oleh basih Mycobacterium tuberculosis atau TB. Penyakit ini ditularkan dari penderita Tuberkulosis TBC aktif melalui batuk yang mengeluarkan titik-titik air liur yang nantinya akan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Gejala dan Tanda Penyakit TBC

Bagi orang yang menderita penyakit ini, biasanya akan mengalami tanda atau gejala Tuberkulosis TBC berikut ini.

  • Batuk berkepanjangan
  • Berat Badan Menurun
  • Tidak nafsu makan
  • Demam dan berkeringat di malam hari.
  • Batuk disertai darah,
  • Nyeri pada dada dan kondisi tubuh lemah

Penyebab dan Faktor Risiko TBC

Penyebab utama penyebab timbulnya penyakit TBC ini adalah adanya bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis yang biasanya akan menyebar melalui semburan dari titik-titik air liur dari batuk seseorang yang mengidap TB aktif.

Selain itu, ada beberapa orang yang memiliki risiko tinggi terhadap penularan TBC yakni sebagai berikut.

  • Seorang pengidap HIV/AIDS, orang yang sedang menjalani kemoterapi dan penderita diabetes akan mudah tertular TBC karena memiliki sistem imun yang lemah;
  • Seseorang yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi;
  • Perokok;
  • Pecandu narkoba;
  • Orang yang sering berhubungan langsung dengan pengidap TB aktif misalnya seperti petugas medis dan keluarga dari pengidap.

Baca Juga : Cara Menurunkan dan mengobati Kolesterol Tinggi

Cara Mencegah Penyakit TBC

Ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebenarnya cara pencegahan TBC dapat dilakukan dengan mudah. Berikut beberapa cara mencegah penyakit TBC yang dapat anda lakukan.

  • Vaksinasi BCG

Cara mencegah penyakit Tuberkulosis TBC yang pertama adalah dengan melakukan vaksinasi BCG atau imunisasi unutk tuberculosis  yang pada umumnya diberikan ketiak bayi. vaksin ini memiliki efektivitas sekitar 80% selama 15 tahun.

  • Hindari Kontak Langsung dengan Penderita

Cara mencegah penyakit TBC yang berikutnya adalah dengan menghindari kontak langsung dengan penderita TBC. Misalnya jangan menggunakan benda yang sering dipakai oleh penderita seperti peralatan makan, handuk, pakaian dan sebagainya. Gunakan masker pada saat berinteraksi langsung dengan penderita TBC.

  • Pola Hidup sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit TBC akan menyerang orang-orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah. Oleh karena itu, pastikan anda menjaga pola makan dan pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang.

Tutup mulut anda apabila ada seseorang yang bersin atau batuh khususnya saat berada di dekat penderita TBC.

Baca Juga : Gejala, Cara Mencegah, Cara Mengobati Sakit Maag

Cara Mengobati Penyakit Tuberkulosis TBC secara Alami

Cara mengobati penyakit TBC Tuberkulosis secara alami dapat anda lakukan dengan beberapa bahan alami berikut ini.

  1. Bunga Tembelekan

Bunga tembelekan dipercaya dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati penyakit TBC dengan cara merebusnay dengan air mendidih dan saring kemudian minum secara rutin 3 kali sehari.

  1. Getah Bambu

Getah yang diperoleh dari pohon bamboo ini mampu untuk mengobati berbagai jenis batuk termasuk TBC dengan melakukan pengobatan kurang lebih sekitar 6 bulan.

  1. Daun Legundi

Daun legundi merupakan bahan alami yang dapat dijadikan sebagai cara mengobati penyakit TBC yang bisa anda lakukan dengan cara merebusnya, saring dan tambahkan madu murni. Konsumsi secara rutin 3 kali sehari.

  1. Bahan Herbal Lainnya

Masih ada bahan herbal lainnya yang dapat anda jadikan sebagai cara mengobati penyakit TBC seperti kembang sepatu, umbi bambu tali dan biji pronowijo.

5. Produk Tiens

Selain keempat bahan alami diatas, ternyata produk tiens juga bisa digunakan dan dikonsumsi untuk pengobatan penyakit TBC Tuberkulosis, karena produk tiens adalah extract dari bahan-bahan alami yang diproduksi dengan nano teknologi modern China yang terbukti sangat ampuh mengobati penyakit TBC Tuberkuloasis.

Adapun produk tiens yang ampuh untuk mengobati TBC Tuberkulosis adalah :

Muncord Capsules ini sangat berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh sekaligus mengobati berbagai masalah pada  pernapasan termasuk TBC Tuberkulosis, hal ini dikarenakan Muncord Capsules dapat membersihkan paru-paru dari virus, kuman dan zat-zat beracun yang menyebabkan peradangan sehingga dapat mengembalikan fungsi paru-paru seperti sedia kala.

Spesifikasi Muncord Capsules : 0.5 gr x 100 kapsul, Dosis Konsumsi 4 kapsul sebanyak 2x sehari sesudah makan (Disesuaikan dengan usia, anak dan ibu hamil tidak direkomendasikan)

Untuk Melihat daftar Harga Muncord Capsules Tiens Secara Lengkap silakan Klik Disini

Baca Juga : Cara Mencegah, Cara Mengobati, Gejala penyakit Ginjal

Itulah informasi mengenai penyakit TBC mulai dari pengertian TBC, Tanda-tanda TBC, penyebab TBC, cara mencegah TBC dan cara mengobati penyakit TBC, Obat alami TBC.

Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

BERBAGI

LEAVE A REPLY